APLIKASI PRAKTEK DOKTER ANAK BERBASIS ANDROID PADA APOTIK PANACEA KOTA KUPANG

Authors

  • Christianto D. Djong Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia
  • Emiliana M. Meolbatak Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia
  • Emerensiana Ngaga Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v1i2.302

Keywords:

Klinik Panacea Kota Kupang

Abstract

Perkembangan teknologi android yang semakin pesat saat ini membuat smartphone memiliki peran penting dalam berbagai bidang kehidupan manusia untuk membantu memperlancar pekerjaan manusia. Sebagai contoh, dalam bidang kesehatan  smartphone dapat digunakan sebagai media untuk konsultasi dan diagnosa penyakit. Klinik Panacea merupakan klinik praktek dokter anak yang melakukan pelayanan setiap hari yang dibuka pada jam 5 sore sampai dengan jam 9 malam. Dalam hal pengambilan nomor antrian dan informasi tentang jadwal dokter dapat dilakukan dengan datang langsung ke tempat praktek. Pasien juga masih kesulitan ketika ke klinik dengan keadaan kondisi yang tidak sehat dan setelah sampai di klinik ternyata tidak ada jadwal praktek dokter saat itu. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi praktek dokter anak berbasis android untuk membantu pasien dalam hal pengambilan nomor antrian serta mengetahui informasi jadwal pada klinik. Metode rekayasa perangkat lunak yang digunakan adalah Linear Sequential Model. Tools yang digunakan dalam aplikasi ini menggunakan XAMPP, Neatbeans, Android Studio dengan menggunakan bahasa pemograman Java dan Kotlin. Dengan adanya aplikasi praktek dokter anak pada klinik Panacea, proses pengambilan nomor antrian dan informasi tentang jadwal dokter dapat dilakukan dan diketahui tanpa harus datang langsung ke tempat praktek serta pasien dapat melihat informasi dan tips seputar kesehatan anak pada rubrik dokter yang tersedia dalam aplikasi.

 

Kata Kunci: Praktek Dokter, Android, Smartphone, Apotik Panacea Kupang

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Supriyono, H., Saputra, A., N., Sudarmilah, E., Darsono, R., “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android”, Jurnal Informatika , Vol. 8, No. 2. 2014.
[2] Sifauttijani, F., Listyorini, T., Meimaharani, R., “Pencarian Rumah Makan Berbasis Android”, Jurnal SIMETRIS, Vol. 8, No. 1. 2017.
[3] Fathoni, L., F., Mushlihudin, M., Firdausy, K., Yudhana, A., “Aplikasi Sistem Informasi Layanan Kesehatan Berbasis Android”, Jurnal JITEKI, Vol. 2, No. 1. 2017.
[4] R. S. Pressman. Software Engineering, Sevent Edition, Mc Graw-Hill International Edition, 2010.
[5] Karda, P., A., T., R., Suyadnya, I., A., Khrisne, D., C., ”Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Model Tatanan Rambut Pada Barbershop Berbasis Android”, Jurnal SINTECH, Vol. 1, No. 1, pp. 16-24. 2018.

Downloads

Published

2018-10-27

How to Cite

[1]
C. D. Djong, E. M. Meolbatak, and E. Ngaga, “APLIKASI PRAKTEK DOKTER ANAK BERBASIS ANDROID PADA APOTIK PANACEA KOTA KUPANG”, SINTECH Journal, vol. 1, no. 2, pp. 108 - 113, Oct. 2018.