Klasifikasi Musik Latar Untuk Aktivitas Balita Menggunakan Metode Mfcc, Lvq Dan Dtw

Authors

  • Duman Care Khrisne
  • Theresia Hendrawati

DOI:

https://doi.org/10.31598/sacies.v7i1.90

Keywords:

Klasifikasi musik, MFCC, DTW, LVQ, Balita

Abstract

Musik telah menjadi suatu kebutuhan, karena musik merupakan sebuah sarana untuk mengekspresikan diri. Musik disukai oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Berbagai laporan penelitian menyatakan tentang peran musik terhadap perkembangan psikologis anak. Anak-anak yang berada pada rentang usia bawah lima tahun (balita) pada umumnya memiliki kecendrungan suasana hati atau mood yang berubah-ubah di dalam aktivitas kesehariannya. Salah satu cara mengatasi ini adalah dengan musik. Musik dapat digunakan untuk membantu mengatur kegiatan, satu jenis musik dapat digunakan untuk satu kegiatan, yang lain untuk kegiatan yang berbeda. Namun terdapat masalah bahwa mengelompokkan musik untuk kegiatan memerlukan tenaga ekstra. Dalam penelitian ini dilakukan klasifikasi musik menggunakan gabungan metode MFCC, LVQ dan DTW. Hasil yang didapat cukup memuaskan dengan sebagian besar data dapat diklasifikasi sesuai dengan kelas yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-31