Implementasi Responsive E-learning Berbasis MOODLE Untuk Menunjang Kegiatan Pembelajaran di STMIK STIKOM Indonesia

Authors

  • Gede Aditra Pradnyana
  • I Made Ardwi Pradnyana

DOI:

https://doi.org/10.31598/sacies.v5i2.73

Keywords:

STIKI E-learning System, LMS MOODLE, COLLES, Responsive Web

Abstract

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) merupakan perguruan tinggi swasta yang mempunyai sarana prasarana di bidang teknologi informasi yang sangat memadai. Proses pembelajaran yang selama ini berjalan dirasa memiliki kelemahan, diantaranya terbatasnya waktu tatap muka didalam kelas sehingga materi kuliah tidak dapat diulang atau disampaikan secara tuntas, sulitnya mencari jam pengganti apabila dosen berhalangan hadir hingga tidak fokusnya mahasiswa dalam proses pembelajaran didalam kelas. Berdasarkan kelemahantersebut, penulis mengusulkan sistem e-learning untuk melengkapi proses pembelajaran yang sedang berjalan. Kegiatan penelitian dimulai dengan melakukan pendefinisian masalah yang ingin diselesaikan, melakukan pengumpulan data melalui metode observasi dan kepustakaan, analisis data sebagai dasar dalam konfigurasi LMS MOODLE. Hasil pengujian dengan metode black box menunjukkan bahwa sistem e-learning STIKI telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan perancangan yang telah ditetapkan. Pengukuran tingkat kenyamanan pengguna dilakukan dengan memberikan kuisioner COLLES. Dari analisa hasil kuesioner, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum tingkat kenyamanan mahasiswa dalam menggunakan sistem e-learning yang dibangun cukup tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-04-30

Most read articles by the same author(s)