Bahasa Rupa merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK STIKOM Indonesia. Tujuan jurnal Bahasa Rupa adalah untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan tulisan-tulisan dalam bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Multimedia yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Nama Bahasa Rupa dalam bahasa Inggris bisa dibaca sebagai visual language. Bahasa rupa adalah bahasa yang langue dan parole-nya, penanda dan petanda-nya, sintagma dan paradigma-nya berupa tanda atau struktur tanda visual.

Isi artikel Jurnal Bahasa Rupa meliputi ontologi keilmuan, epistemologi dan aksiologi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Multimedia, meliputi:(a) semiotika visual, (b) ikonografi, (c) ilustrasi, (d) tipografi, (e) fotografi, (f) animasi, (g) periklanan, (h) branding strategy, (i) corporate identity, (j) sign system, (k) logo, (l) media cetak, (m) desain kemasan, (n) film, (o) video eksperimental, (p) game, (q) terapan teknologi terbaru terkait DKV dan Multimedia, (r) metode pendidikan dalam pengajaran DKV dan multimedia, (s) isu budaya terkait Desain Komunikasi Visual dan Multimedia.

Published: 2018-04-21